Makanan-Makanan Yang Menjadi Penambah Hemoglobin

Anemia adalah penyakit akibat bagian dalam tubuh kekurangan dari sel darah merah atau bisa disebut sebagai Hemoglobin dalam dunia biologi. Sel darah merah atau hemoglobin amat dibutuhkan oleh tubuh tuk membawa oksigen serta makanan ke seluruh anggota tubuh. Apabila menderita anemia akan merasa lelah, lemah serta lesu atau kerap disebut 3L. Hal itu gampang terjadi kepada wanita yang melakukan program diet, karena diet setingkat lebih mengontrol pola makanan yang cuma rendah kalori serta tinggi serat yang bisa saja kandungan nutrisi tidak banyak alias sedikit.

Makanan Penambah Hemoglobin Untuk Mengurangi Masalah Anemia

Anemia alias kekurangan sel darah merah (Hemoglobin) bisa terjadi akibat kurangnya mengkonsumsi makanan bernutrisi serta penambah darah. Faktor makanan pun bisa mempengaruhi terjadinya anemia. Maka, makanan apa saja yang bisa menambah darah merah atau hemoglobin yang penting bagi tubuh? Baca terus ya!

  1. Sayuran dan Umbi-umbian. Sayuran dan umbi-umbian adalah tumbuhan dan tanaman yang tak sulit untuk kita jumpai, entah itu di pasar maupun di kebun punya sendiri. Sayuran pun bisa menambah hemoglobin atau darah hingga bisa mencegah terkena anemia. Sayuran ini semacam bayam, kacang polong hijau, kentang, ubi, sawi, kol, lobak, brokoli, dan kacang merah. Dari setiap jenis sayuran itu, ubi dan bayam suka digunakan menjadi bahan makanan tuk menambah sel darah merah sebab tingginya dari kandungan zat besi didalamnya. Fungsi zat besi tersendiri merupakan cara untuk aktifkan hemoglobin dan meningkatkan muatan oksigen didalam darah yang pastinya diedarkan ke seluruh anggota tubuh.
  2. Buah – Buahan. Disamping sayuran dan umbi-umbian, buah juga bisa meningkatkan kuantiti hemoglobin didalam tubuh. Buah ini seperti apel, anggur merah, plum, kismis, limau, jeruk juga melon. Setiap jenis buah itu juga punya manfaat melancarkan peredaran darah hingga terhindar dari penyumbatan serta terhindar dari ketakutan penyakit jantung.
  3. Daging. Mengkonsumsi daging pun bisa menambahkan hemoglobin, sebab didalamnya ada kandungan zat besi yang lumayan tinggi. Daging gampang dicerna oleh organ pencernaan kita, sehingga tak mengakibatkan gangguan pencernaan sebagaimana sembelit. Tetapi bagi yang melaksanakan program diet, ada bagusnya tuk mengkonsumsi daging berlemak rendah. Hingga terhindar dari penyakit jantung maupun kolesterol.
  4. Kacang Almond. Kacang almond adalah satu dari beberapa jenis kacang–kacangan yang amat tinggi kandungan zat besinya. Tidak hanya itu, kacang almond praktis di dapat dan harganya bisa pas di dompet. Jadi, sehat dikonsumsi dan dompet pun aman hehe.
  5. Roti dan Sereal. Roti dengan sereal adalah makanan yang bisa memenuhi kebutuhan zat besi dengan total 20% per harinya, bila rutin dikonsumsi. Roti dan sereal yang dibuat dari gandum pun aman tuk program diet dan tinggi untuk kandungan zat besi.

Nah, jadi usahakan supaya tidak terkena anemia atau kekurangan hemoglobin, konsumsi makanan-makanan yang sudah saya sebutkan tadi. Hal ini berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa sumber terpercaya. Demikian informasinya, semoga bermanfaat kepada anda semua.